Tuesday 19 November 2013

Design rumah 2 lantai pada lahan RSH

perspektif depan
pada umumnya banyak orang yang beranggapan memiliki lahan yang terbatas membuat mereka beranggapan tidak bisa untuk memiliki lahan terbuka berupa taman dan sebagainya di karenakan lahan yang sempit dan sangat terbatas, namun pada design rumah ini sebagai pembuktian bahwa lahan yang sempit bukan lah masalah bagi kita untuk memiliki taman pada rumah kita bahkan juga bisa memiliki ruang untuk bercocok tanam.
 Konsep yang saya terapkan pada rumah ini yaitu “open air”, yang mana penghuni dapat merasakan nuansa ruang terbuka dan memilii view ke taman secara langsung dari dalam rumah, rumah ini berada di jalur perlintasan matahari, bukaan yang besar di letakkan di arah utara dan selatan. Dan pada sisi utara dan selatan inilah taman dan kolam di letakkan, seperti yang kita ketahui membuat kolam pada rumah dapat menurunkan suhu termal pada rumah sehingga dapat  menggunakan sistem penghawaan alami dan tentunya dapat mentiadakan penggunaan Air conditioner .
selain itu bukaan di kedua sisi tersebut adalah sebagai salah satu usaha untuk memasukkan sinar matahari sehingga penggunaan lampu dapat di tiadakan pada siang hari. selain hemat dari segi ekonomis rumah ini juga ramah terhadap lingkungan.
pada lantai dua terdapat roof garden yang juga dapat di gunakan sebagai ruang untuk bercocok tanam oleh penghuni, konsepnya adalah mengangkat lapisan permukaan tanah di lantai satu karena lahan pada lantai satu di gunakan sebagai carport.

denah lantai 1
denah lantai 2         
 


pembagian zona pada rumah ini ialah, pada lantai 1 yaitu zona publik sedangkan pada lantai 2 ialah zona privat, di tujukan agar kegiatan privasi tidak terganggu oleh kegiatan publik.
denah di buat terbuka dan memiliki bukaan yang banyak berguna untuk memaksimalkan penghawaan dan penghawaan alami pada rumah ini.
Tanaman bambu pada rumah.
tanaman bambu di pilih karena bambu memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan maupun arsitektural.
sari segi kesehatan, pakar kedokteran di dunia menyatakan tanaman bambu sangat kaya akan manfaat bagi kesehatan ,yakni bersifat sejuk,harum,dan dapat masuk ke meredian jantung sehingga dapat memberikan efek relaxasi bagi tubuh manusia.










No comments:

Post a Comment